Bu Siti KDDK 1

KDDK 1
KOMUNIKASI DALAM KEPERAWATAN
  •  TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS (TIK)
Dapat menggunakan prinsip dasar komunikasi dalam menerapkan Keterampilan dasar mengajar pada PBM.

  • KOMPETENSI
a. Dapat menjelaskan
    - Hakikat Komunikasi
    - Proses terjadinya komunikasi
    - Syarat berkomunikasi efektif
b. Dapat menerapkan
     Keterampilan dasar mengajar
  •  DASAR-DASAR KOMUNIKASI
1. Hakikat Komunikasi
2. Lingkup Komunikasi
3. Model Komunikasi
4. Komunikasi Efektif
5. Hambatan Komunikasi
  • KETERAMPILAN KOMUNIKASI MAHASISWA
1. Mahasiswa dapat mengungkapkan perasaan
    - Dosen :
      * Memperhatikan
      * Memberi dorongan
      * Bertanya
2. Dapat menjelaskan perasaan
    - Dosen :
      * Mengajukan pertanyaan inventori (pertanyaan yang membuat orang melacak pikiran)
      * Merefleksikan
3. Dapat mendorong memilih perilaku alternatif
    - Dosen :
      * Kemampuan mencari perilaku alternatif
      * Kemampuan melatih perilaku alternatif
  • KOMUNIKASI DOSEN-MAHASISWA
Dosen : " Semoga mahasiswa suka mata kuliah saya "
                                                                                        ] Harapan
Mahasiswa : "Semoga dosennya baik"

Agar harapan tercapai, Bagaimana ?
  • KOMUNIKASI
1. KMN adalah pertukaran info antara 2 atau > manusia atau dengan kata lain pertukaran ide dan pikiran (Kozier th 1995).
2. KMN adalah proses pengoperan lambang yang berarti diantara individu (William Ablig).
3. KMN adalah proses dimana seorang individu mengoperkan lambang bahasa untuk mengubah tingkah laku individu yang lain (Hovlad).
4. KMN adalah proses pertukaran (sharing) info/proses pembangkitan dan pengoperan arti (Taylor).
  •  Dari Perngertian di atas dapat disimpulkan KOMUNIKASI merupakan :
    -  kegiatan yang melibatkan 2 orang/lebih.
    - merupakan bentuk pembagian ide, pikiran dengan  menggunakan lambang
    - adanya tujuan untuk terjadi perubahan.
  • MODEL KOMUNIKASI
- MK 1 arah adalah model hanya melibtkan 3 unsur dasar dalam komunikasi yaitu komunikator (pengirim),pesan, komunikan(penerima pesan)
KOMUNIKATOR= = = = =PESAN = = = = = KOMUNIKAN
  Ex: PEMBERITAHUAN LEWAT SMS..................TANPA BALSAN
- MK 2 arah adalah komunikasi yang melibatkan beberapa unsur yaitu komunikator, pesan, komunikas, dan umpan balik.
KOMUNIKATOR= = = = =PESAN= = = = =KOMUNIKAN= = = = =UMPAN BALIK
Ex : percakapan telepon, berupa kata-kata.
- Pembicaraan, grafik, gerakan tubuh atau tulisan.
- MK Helical adalah model komunikasi yang mengungkapkan bahwa komunikasi yang dilakukan oleh manusia dapat dilakukan terus menerus dan bersifat dinamis sehingga dapat terbentuk suatu komunikasi yang berkembang baik.
- MK Ellis dan Mc Clintok adalah komunikasi tidak hanya melibatkan unsur penyampaian pesan saja tapi terdapat pesan tambahan yang menyertai proses komunikasi, jadi dalam hal ini pesan tidak semuanya bisa diterima.
  • Pesan yang dikirim/diterima dipengaruhi oleh :
- pengetahuan
- pengalaman
- perasaan
- posisi dalam sosiokultural
- emosi
  • UNSUR-UNSUR KOMUNIKASI
A. KOMUNIKATOR adalah individu atau kelompok yang mempunyai kemampuan dan ketrampilan untuk menyampaikan pesan kepada orang lain.
  Fungsi : untuk menyiapkan dan mengirimkan pesan sehingga pesan dapat diterjemahkan secara lengkap.
  Syarat Komunikator :
    - memiliki tujuan dalam melakukan komunikasi
    - memiliki pengetahuan yang memadai terhadap pesan yang disampaikan
    - memiliki ketrampilan yang memadai dalam membangun hubungan/relasi.
B. KOMUNIKAN adalah individu, kelompok atau masa yang diharapkan menerima pesan yang disampaikam oleh komunikator atau sumber.
  Syarat komunikan yang baik :
    - memiliki pengetahuan dan ketrampilan untuk menangkap dan menterjemahkan pesan
    - memiliki cukup atensi untuk menerima pesan yang disampaikan oleh komunikator memiliki ketrampilan untuk melakukan respon terhadap pesan yang disampaikan.
C. PESAN adalah  produk actual dari sumber/komunikator, isinya berupa :
    - ide/gagasan
    - perintah
    - informasi
    - ungkapan perasaan
D. SALURAN adalah media yang dipilih untuk menyampaikan pesan yang memungkinkan mengenai target sasaran komunikan melalui panca indra.
Saluran dapat berua :
- lisan dengan target indra pendengaran : tulisan, gambar, peta, symbol, gerakan tubuh
- mimik muka dengan target indra pengelihatan maupun denga sentuhan, menggenggam tangan, mangusap.
Saluran yang baik adalah :
- difahami, dimengerti oleh komunikator dan komunikan
- meminimalisasi terjadinya kesalahan persepsi
- menggunakan tehnik yang merangsang lebih dari 1 indra. Ex : mengajar dengan menggunakan suara, gambar dan gerakan tubuh.
E. UMPAN BALIK adalah reaksi atau resppon dari komunikan setelah mendapat pesan dari komunikator
F. TUJUAN adalah akibat dari suatu proses komunikasi atau efeknya.
G. KEGADUHAN NOISE adalah gejala sesuatu yang mengganggu penerima informasi .
  • Komunikasi dikatakan berhasil bila ada umpan balik
Karakteristik dasar komunikasi :
- komunikasi memerlukan sedikitnya 2 orang
- terbentuknya hubungan merupakan hasil dari kegiatan komunikasi
- komunikasi terjadi secara kontinyu dan berulang-ulang
- seseorang yang melakukan komunikasi melakukan pertukaran pesan melalui verbal dan non verbal
- seorang yang melakukan komunikasi berespon terhadap pesan yang mereka dapatkan
- pertukaran pesan memerlukan pengetahuan
- pengalaman masa lalu mempengaruhi pengiriman dan penerimaan pesan
- posisi seseorang dalam suatu sistem sosiokultural dapat mempengaruhi proses komunikasi
  • SYARAT KOMUNIKASI EFEKTIF :
- kredibilitas(credibilit) : pengakuan komunikan terhadap keberadaan komunikator
- konteks (context) : sikonyang relevan dengan keadaan si penerima pesan
- isi (content) : materi yang akan disampaikan sebagai pesan oleh komunikator memiliki pengaruh bagi penerima pesan
- kejelasan (clarity): pesan yang disampaikan oleh komunikator diterima dan dimengerti oleh penerima kontinyuitas dan konsistensi (continuity and consistency).
- saluran (chanel): yang digunakan dalam komunikasi sesuai dan memungkinkan penerima yang baik oleh komunikan
- kemampuan komunikan (capability of audience): tehnik penyampaian pesan disesuaikan dengan kemampuan penerima sasaran, mudah diterima dan tidak membingungkan
  • MACAM KOMUNIKASI
A. Berdasarkan Bentuk
   - Komunikasi verbal adalah pertukaran info dengan menggunakan kata-kata baik dalam bentuk lisan maupun tulisan.
   Ex : ketika perawat memberikan penjelasan pada klien saat dokter membuat catatan perkembangan
   - Komunikasi non verbal adalah pertukaran info dengan tanpa menggunakan bahasa kata-kata, atau bisa juga dikatakan bahasa tubuh.
   Ex : menggunakan sentuhan, menggunakan kontak mata, expresi wajah, postur, gaya, gerak, posisi tubuh, gaya bepakaian.

B. Berdasarkan Konteks
   - komunikasi formal adalah komunikasi yang terjadi dalam setting peran
       Ex: hubungan dosen dengan mahasiswa, perawat dengan pasien
   - komunikasi non formal adalah komunikasi yang terjadi dalam setting sosial
       Ex: pembicaraan antara anak dengan ortu, dengan keluarga.

C. Berdasarkan Umpan Balik
- komunikasi satu arah adalah komunikasi yang tidak memerlukan umpan balik dari komunikan
   Ex: komunikasi dari media, manusia dengan manusia.

D. Berdasarkan jumlah peserta komunikasi
- komunikasi orang perorang adalah komunikasi yang melibatkan 2 orang saja
- komunikasi  kelompok adalah proses pertukaran informasi yang melibatkan lebih dari 2 orang.
- komunikasi massa adalah komunikasi yang melibatkan banyak orang.

  • FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KOMUNIKASI:
1. Manusia :
   - tingkat pengetahuan
   - perkembangan
   - sosiokultural
   - jenis kelamin
   - peran dan tanggung jawab
   - atensi
   - sikap
   - persepsi
   - hubungan
   - status fisik, mental dan emosional
2. Pesan
   - isi pesan
   - penyampaian pesan
3. Lingkungan
   - stimuli externa, Ex: bising
   - nilai dan budaya adapt
4. Latar Belakang Kebudayaan
   Bagaimana seseorang menginterprestasikan suatu pesan berdasarkan latar belakang budaya
5. Ikatan Dengan Kelomppok Grop
   kita cenderung mengidentifikasi diri dengan kelompok tertentu dan menerima norma kelompok tersebut.
6. Harapan
   Harapan dari orang-orang yang terlibat dalam komunikasi
7. Pendidikan
   Terutama dalam penerimaan dan pengiriman pesan penggunaan istilah-istilah.
8. Situasi
   Keadaan saat terjadi komunikasi.
  • SIKAP YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM KOMUNIKASI (PERAWAT)
1. Berhadapan
  Posisi ini menunjukkan memberikan isyarat "Saya siap untuk anda"
2. Mempertahankan Kontak Mata
  Kontak mata dalam level yang sama berarti menghargai yang diajak bicara dan menyatakan keinginan untuk tetap berkomunikasi
3. Membungkuk Ke Arah Yang Diajak Bicara
  Posisi membungkuk ke arah yang diajak bicara memberi makna adanya keinginan untuk mengatakan atau mendengarkan sesuatu
4. Mempertahankan postur terbuka
  Tidak melipat kaki, tangan, menunjukkan keterbukaan untuk berkomunikasi, jarak juga, sentuhan tubuh.
5. Rileks
  Suasana rileks bisa menciptakan suasana yang kondusif, memberikan kebebasan bagi yang diajak bicara, kondisi ini bisa dilihat dari posisi tubuh, intonasi bicara, penggunaan kata. Ex: banyak humor.

.....oOo.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar